Olimpiade MIPA

Hasil Memang Tak Pernah Mengkhianati Sebuah Usaha.

Siswa SD N 02 Banjaran berhasil mewakili kec. Taman


Ini adalah sebuah hasil yang benar-benar tidak  disangka sebelumnya. Selama ini kami hanya menjalani proses yang sewajarnya tanpa ada ambisi yang mesti harus diraih. Proses inilah yang mendewasakan kami, melatih kami dan membiasakan kami untuk selalu bersaing dengan diri sendiri.

Ya, pesaing yang paling berat adalah diri sendiri. Bagaimana caranya melatih diri untuk konsisten menjaga ilmu yang telah dimiliki agar tidak menguap, itu adalah hal yang sulit. Bagaimana caranya untuk meng-upgrade ilmu secara perlahan tanpa harus menyingkirkan ilmu yang telah ada, itu jauh lebih sulit.

Belajar itu mudah. Tapi mempertahankan ilmu yang sudah didapatkan, itu yang sulit. Karena itulah, kami tidak pernah memikirkan bersaing dengan orang lain. Yang kami lakukan adalah bersaing dengan diri kami sendiri. Sebuah ambisi yang sungguh sepele dan tanpa membebani.

Ada tiga hal yang perlu diperhatikan dalam belajar, yaitu input, proses, dan output. Jika input sudah baik tetapi prosesnya tidak matang, maka outputnya pun akan mentah. Juga berlaku untuk sebaliknya. Walaupun input kurang baik namun mengalami proses yang matang, maka hasilnya juga akan matang. Karena itu menurut saya, proses adalah hal yang terpenting dalam belajar. Input yang baik ditambah dengan proses yang matang, inshaAllah hasilnya tidak akan mengecewakan.

Proses inilah yang setiap hari kami jalani dengan semangat. Meskipun harus berliku-liku dan penuh dengan rintangan. Yang perlu ditekankan di sini, proses ini tidak bisa dijalani hanya dalam waktu singkat, namun butuh waktu yang lama bahkan hingga bertahun-tahun. Maka barulah proses itu bisa mencapai hasil yang maksimal.

Selanjutnya, dibalik hasil yang memuaskan pastilah ada lingkungan yang mendukung. Karena itu saya ingin mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam proses yang telah membuahkan hasil yang membanggakan ini.

Terimakasih untuk murid-muridku yang telah berusaha keras belajar mempertahankan ilmu yang telah kalian dapatkan. Terimakasih untuk orang tua murid yang juga telah memberikan doa dan motivasi untuk putra putrinya. Tak lupa juga terimakasih yang utama untuk para guru di sekolah kami yang dengan sabar membimbing serta mendidik siswa selama 5 tahun terakhir ini.

Sekali lagi, betapa pentingnya sebuah proses yang kelak akan menentukan sebuah hasil. Karena hasil, tidak akan pernah mengkhianati sebuah usaha. Mohon doa dan dukungannya untuk kami melangkah dan melompat lebih tinggi lagi.


Pemalang, 19 Februari 2018

#Eries
#UsahadanHasil
#JuaraOlimpide




Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita Anak

Literasi mading

Kisah Arjuna