Mahmud Gaul


Pantaskah Kamu disebut Emak?

Kalimat ini muncul begitu saja di benak saya waktu lihat seorang perempuan dengan dandanan yang gaul abis kayak ABG sambil nggendong seorang bayi. Lalu apa yang salah sama Emak itu? Nggak ada yang salah kok. Hanya saja saya miris melihatnya. Apa mereka nggak merasa kasihan sama bayinya jika harus keluar rumah menantang cuaca yang tak terkendali di luar sana? Tentu mereka tak peduli. Mereka cuma peduli dengan imagenya. “Ini lho aku, meskipun udah punya anak tapi masih bisa gaul dan tetep eksis,” pikir mereka.

Ingin tetap eksis, tapi juga nggak mau dicap sebagai emak yang tak bertanggungjawab terhadap anak. Maka solusinya ya seperti di atas, membawa serta bayi mereka dalam setiap acara. Mak, sadarlah. Kamu itu nggak gadis lagi. Ada banyak hal yang harus kamu urusin selain dirimu sendiri. Ada suami yang kalau pulang kerja tuh penginnya disambut, ditawarin minum, diajakin makan, ngobrol, bukan malah ditinggal pergi ngelayap bareng temen-temen, Mak. Si dede juga pasti butuh istirahat, pengin manja nenen sama emaknya sambil diajakin ngobrol meskipun dede cuma bisa ngoceh doang. Sampe emaknya ikut bablas ketiduran gara-gara nemenin dede.

Di sisi lain, ada seabrek pekerjaan rumah yang juga pengin diperhatiin sama emak. Tuh cucian yang bau ompol dede plus sprei yang bau apek karena nggak pernah diganti, udah melambai-lambai minta diwangiin. Di kamar sebelah ada segunung baju kantor pak suami yang kucel minta dielusin. Belum lagi tuh wastafel yang nggak pernah kosong dari piring dan gelas kotor. Haah, berat amat yak jadi emak! Makanya kalau belum siap nikah tu, nggak usah buru-buru. Emang Mak kira nikah itu enak? Kalau emak pikirannya masih pengin ngelayap aja bareng temen-temen, percaya deh bakalan nyesel udah nikah cepet-cepet.

Bisa nggak sih Mak, sedikit aja berubah dan memposisikan diri sebagai ibu rumah tangga yang baik. Tahan tuh nafsu buat hepi-hepi di luar. Shopinglah, kondanganlah, ulang tahunlah, arisanlah, perkumpulanlah, ini itu nggak akan ada habisnya kalau diturutin. Kalau punya anak bayi itu, mbok ya sadar diri, nggak usah kebanyakan ngelayap, nggak usah kebanyakan acara. Kasihan dedenya kan!

“Ya udah, dede dititipin ke Mbahnya aja deh biar nggak masuk angin,” jawab mereka memberi solusi. Emangnya Mak pikir dede itu barang, bisa dititipin gitu aja. Lagian nggak kasihan juga apa, Mbahnya udah tua masih aja disuruh momong cucu. Nggak sadar ya, Mbahnya itu udah capek momong si Emak dari kecil sampe sekarang. Jangan nambahin beban di sisa hidup mereka deh.

“Lho gimana sih? Dibawa main katanya kasihan tar masuk angin. Dititipin sama Mbahnya, dibilang membebani. Jadi biar nggak merugikan, dititipin ke Day Care aja deh,” jawab Mahmud. Nah, ini nih trend Mahmud jaman now. Mentang-mentang bisa cari duit sendiri, melempar tanggung jawab mendidik anak sama orang lain. Day Care itu sehari dua hari aja Mak. Kalau tiap hari sih apa bedanya sama panti asuhan?

“Susah bener sih! Aku itu kerja tahu, bukannya ngelayap?” lagi-lagi emak membela diri. Kenapa Emak harus kerja? Kan udah ada bapak yang kerja. Emak mau alasan apalagi? Uang bulanan dari bapak nggak cukup? Cukup atau enggak itu relatif Mak, tergantung dari bagaimana cara kita mensyukurinya. Suami yang baik, pasti tidak akan memerintahkan istrinya untuk bekerja. Itu sih akal-akalan Emak aja pengin kerja alasannya biar bisa nambah uang jajan dede. Ah, uang jajan dede apa uang jajan Emak?

Lagian kalaupun emak harus kerja, masih banyak kok pekerjaan yang bisa dikerjakan tanpa harus meninggalkan rumah. Atau pilih pekerjaan yang paruh waktu. Nggak usahlah Emak kerja banting tulang sampe sore hari, apalagi kalau harus lembur sampe malem. Kalau kaya gitu pernyataan bahwa tugas bapak mencari nafkah, nggak tepat dong. Percaya deh Mak, rejeki itu nggak akan pernah tertukar, kata temen saya. Emak kerja, rejeki keluarga 100%. Emak nggak kerja juga rejeki keluarga tetep 100% kok, nggak akan berkurang. Jadi nggak usah mencari pembelaan apapun. Emak, tetaplah Emak!

Masa kecil anak itu sebentar lho Mak! Jadi jangan sampai melewatkannya. Jadi bagaimana? Sudah bisakah kamu menjawab pertanyaan yang paling atas?

Saya undur diri dulu ya, Mak. Mohon maaf kalau tulisan saya bikin hati yang adem jadi panas. Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Bukan saya bermaksud menyindir tapi alhamdulillah kalau ada yang merasa tersindir lalu bisa berubah jadi lebih baik. Saya hanya ingin saling mengingatkan sebagai sesama emak tentang bagaimana kodrat Emak itu sendiri. Saya juga adalah seorang emak yang masih jauh sekali dari kesempurnaan. Sekali lagi saya mohon maaf dan terimakasih sudah membaca.

#Eries
#EmakGaul
#ReleksiDiri
#CurcolJanganDiambilHati



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita Anak

Literasi mading

Kisah Arjuna